Karipap Pusing

Penasaran dengan namanya, ternyata cara membuatnya sama seperti pastel, hanya saja kulitnya berlapis-lapis. Saya lihat resep kulitnya di blognya mb Nina, tapi saya ambil untuk ½ resep.


Karipap Pusing
(untuk 30 buah)

Bahan Kulit:

Adonan A:
150 gr tepung terigu serbaguna
50 gr mentega putih
25 gr margarin

Adonan B:
350 gr tepung terigu serbaguna
25 gr margarin
1 sdt garam
160 ml air

Bahan Isi:
50 gr kentang, potong kotak kecil
100 gr wortel, potong kotak kecil
100 gr buncis, potong kotak kecil
1 batang daun seledri, iris halus
1 batang daun bawang, iris halus
4 siung bawang putih, dihaluskan
1 siung bawang bombay, iris kotak kecil
½ sdt merica bubuk
1½ sdt garam
1½ sdm minyak untuk menumis
400 ml air

250 ml minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

  1. Campurkan adonan A, uleni hingga kalis. Bagi menjadi 4 bagian, lalu bulatkan. Masukkan dalam wadah yang tertutup (ditutup plastik). Sisihkan.
  2. Campurkan adonan B, uleni hingga kalis. Bagi menjadi 4 bagian, lalu bulatkan. Masukkan dalam wadah tertutup (ditutup plastik). Diamkan selama 15 menit.
  3. Ambil 1 bagian adonan B, pipihkan, masukkan 1 bagian adonan A. Lipat adonan B hingga menutupi semua adonan A, dan bulatkan. Lakukan hal yang sama untuk 3 bagian adonan A dan B yang lain.

  4. Ambil 1 bagian adonan yang sudah digabungkan (A+B), pipihkan memanjang. Lalu gulung sambil dipadatkan (pastikan gulungannya padat, agar isinya tidak keluar saat digoreng). Potong-potong adonan sebesar 2 cm. Lakukan hal yang sama untuk adonan lain.
  5. Pipihkan membentuk lingkaran, adonan yang sudah dipotong dengan bagian yang terlihat lapisan gulungan ditempatkan vertikal. Beri isian, lalu lipat satu kali dan ujungnya dipilin atau ditekan dengan garpu.
  6. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  7. Isi: Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga layu dan harum. Masukkan kentang, wortel dan buncis, aduk hingga sedikit layu, masukkan merica bubuk dan garam. Masukkan air, masak hingga kering dengan api kecil. Tambahkan daun seledri dan daun bawang. Dinginkan.

Komentar